Selasa, 08 Juni 2010

Tentang Fokus

Berikut ini tulisan singkat mengenai "fokus". Diambil dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat untuk saya dan untuk yang membaca.

Fokus berarti men-sinergikan segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai 1 tujuan prioritas, sehingga kekuatan sinergi ini lebih besar jika hanya 1 atau 2 sumber daya saja yang dialokasikan untuk mencapai sasaran.

Suatu saat Arjuna sedang mengikuti 1 sesi Training memanah yang dibimbing oleh Sang Guru MahaResi Brahmajay dilapangan tembak area Istana Mardika.
, "apa yang kau lihat" ujar sang Resi, "ada pohon, buah apel, daun hijau dan seekor burung emprit" jawab Arjuna, "turunkan panahmu", pejamkan matamu, kata sang Resi serius, "okey sekarang angkat lagi panah-mu, apa yang kamu liat?"
"saya melihat buah apel dan burung emprit..!!" kata Arjuna, "turunkan panahmu, pejamkan matamu" ujar Sang Resi lagi, "baik sekarang angkat lagi panahmu dan apa yg kamu liat?" "buah apel"!! Jawab Arjuna, "lepaskan anak panahmu…sekarang juga"! perintah sang Resi dan sesaat.."juzz" anak panahpun menancap tepat di buah apel.

Mengapa FOKUS ?

Teman-teman sekalian, jika hasil adalah orientasi anda, maka Fokus pada sasaran utama adalah perilaku yang harus dilakukan, pada saat Arjuna melihat banyak hal, seperti buah apel, dedaunan, burung emprit dan sebagainya, sang Resi menahan Arjuna agar jangan melepaskan anak panah, karena saat itu Arjuna memang belum Fokus pada 1 sasaran utama, pertanyaannya adalah mengapa?
Karena anak panah yang dimiliki Arjuna jumlahnya terbatas,sama juga dengan suatu perusahaan, sumber daya yang dimiliki tentu terbatas dan agar setiap anak panah atau sumber daya yang dilepaskan atau dialokasikan memberikan hasil yang optimum, mau tidak mau kita musti Fokus pada sasaran utama atau prioritas kepada sasaran apa yang paling berdampak pada bisnis dan kelangsungan hidup perusahaan.
Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa dengan Fokus bisa memberikan hasil yang optimum?

Definisi dan Kekuatan FOKUS

Kita tentunya sudah mengetahui bahwa jika sinar matahari yang ditangkap oleh lensa cembung, kemudian sinar tersebut diarahkan pada 1 titik, katakanlah pada selembar kertas, maka tidak lama kertas tersebut akan terbakar pada titik dimana sinar matahari difokuskan, ini terjadi karena lensa cembung menarik dan mengumpulkan 7 frasa sinar penyusun cahaya matahari menuju satu titik, sehingga energi panas menjadi begitu kuat hingga mampu membakar kertas.
Fokus berarti men-sinergikan segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai 1 tujuan prioritas, sehingga kekuatan sinergi ini lebih besar jika hanya 1 atau 2 sumber daya saja yang dialokasikan untuk mencapai sasaran.
Dengan Fokus akan meminimalkan kerugian, dan meningkatkan kemungkinan berhasil mencapai sasaran bisnis, dan tentunya menghasilkan profit yang maksimum.

3 komentar: